Tradisi Silaturahim Usai Sholat Idul Fitri, Warga Yang Tidak Ikut Rumahnya Tidak di Singgahi

  • Bagikan

i

INFODESA.ID-SULTENG, Parigi Moutong, Allaahu Akbar Allaahu Akbar Allaahu Akbar, Laa Illaa Haillallahuwaallaahuakbar Allaahu Akbar Walillaahil Hamd.

Kumandang Takbir Tahmid dan Tahlil mengemah hampir seluruh masjid di sepanjang jalan Trans Sulawesi Kab.Parigi Moutong-Sulteng. Selasa (4/6) malam, menyambut datangnya Hari Idul Fitri 1440 Hijriyah yang ditetapkan pemerintah hari Rabu (5/6).

Moh.Alfian Lagala Kepala Desa Manilinili Kec.Tinombo Selatan Kab.Parigi Moutong-Sulteng.

Pantauan infodesa pagi hari Rabu (5/6) sesaat sebelum pelaksanaan Sholat Idul Fitri 1440 Hujriyah di Masjid Al-Ikhlas desa Maninili Kec.Tinombo Selatan, Kab.Parigi Moutong-Sulteng, dengan kumandang takbir Allaahu Akbar, Allaahu Akbar, Allaahu Akbar, tepat pukul 06.00 warga baik anak anak, ramaja, tua muda berbondong dengan semangat menujuh masjid, tepatnya Pukul: 07.00 Witeng, nampak pegawai syara berdiri dan membacakan susunan Acara pelaksanaan Sholat Idul Fitri 1440 H/2019.

Pertama, Pembukaan sekaligus laporan utama laporan perolehan Zakat Fitrah lewat panitia amil zakat Fitrah Masjid Al-Ikhlas, marbot/doja Sekdes Maninili Bpk Moh.Hasyim.

Ke-Dua, Sambutan Pemerintah di sampaikan Bapak Alfian Lagala, Kepala Desa Maninili.

Ke-Tiga, Pengumpulan donasi kotak amal, marbot/doja petugas masjid di pihak laki-laki Uztad Hidyatullah, dan di pihak Perempuan Uztasa, Saonun, selanjutnya.

Ke-Empat, Pemukulan beduk, oleh marbot/doja masjid bernama uztad Djalil, bertanda di mulainya pelaksanaan sholat Idul Fitri

Ke-Lima, Pengantar Sholat Idul Fitri oleh marbot/doja masjid bernama uztad Aminun,

Ke-Enam, Pelaksanan Sholat Idul Fitri, di Pimpin Imam Mesjid Al-Ikhlas Desa Maninili Uztad Bihar,

Ke-Tujuh, Pengantar khotba Idul Fitri 1440 H/2019 marbot/doja mesjid Saleh Laitjang,

Ke-Delapan, Khutba Idul Fitri 1440 Hijiriyah, Rabu, 5 Juni 2019, oleh Putra kembar bapak Kepala Desa Maninili, Uztad Dandi, dengan judul khutma keutamaan Zakat Fitrah dan Sholat Idul Fitri.

Situasi sholat Idul Fitri 1440 H/2019 di desa Maninili dapat di lihat :

Selanjutnya pantaun infodesa.id, para Orang Tua, Tokoh Agama, baik jamaah lelaki mau perempuan telah berdiri mengambil posisi masing-masing untuk menerima jabat salam untuk saling memberi ucapan, maaf mamaafkan.

Makmul H.Marilau
Kepala Kantor Urasan Agama (KUA) Kec.Tinombo Selatan

Usai jabat tangan/salam, pihak lelaki belum langsung balik kerumah, harus bersiara/silaturahim ke rumah rumah Jamaah/warga, dan ziara/silaturahim, untuk pelaksanan sholat Idul Fitrih 1440 H/2019 dibagi 14 (empat belas) kelompok dan masing-masing kelompok di ketua pegawai syara, dan wajib diikuti oleh warga yang di telah diatur saat di bacakan marbot/doja saat pembukaan awal.

Makmul H.Marilau Kepala Urusan Ugama Kac.Tinombo Selatan, mengatakan Tradisi ziara/silaturahim ini sudah turun temurun dilakukan dan terus kami pertahankan di sebagian wilayah Kec.Tinombo Selatan seperti di desa Maninili ini, dan juga dilakukan usai sholat Idul Adha, bagi masyarakat yang tidak ikut, rumahnya tidak di datangi rombongan, ini sudah ketentuan/kesepakatan kami di desa ini, Pungkas Makmul.
@5/6/2019-Ahmad Budullah

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *