Morowali di landa banjir

  • Bagikan

 

INFODESA.ID-SULTENG, Morowali, Bencana Banjir kembali terjadi merendam Desa Dampala Dan Desa Siumbatu kec. Bahodopi Kab. Morowali-Sulteng, INFO DARI POS ANGKATAN LAUT-BAHODOPI MOROWALI
Sabtu tanggal 08 Juni 2019 sekitar jam 05.00 Wita.

Terjadinya bencana banjir tersebut akibat tingginya curah hujan selama beberapa hari di wilayah Kec. Bahodopi dengan waktu yang cukup lama sehingga berdampak pada terjadinya banjir di wilayah desa Dampala Dan Desa Siumbatu Kec. Bahodopi Kab. Morowali.

Adapun akibat banjir tersebut sebagai berikut :
a. Desa seiumbatu Kec Bahodopi kurang lebih sekitar 15 Rumah warga terendam dan 1 unit rumah warga milik papa Ade rusak parah akibat derasnya air yang mengalir.
b. Jembatan yang ada di Desa Dampala Yang menghubungkan Desa Dampala dan Desa Siumbatu kec. Bahodopi yang merupakan penghubung jalur trans Sulawesi terputus.
c. kurang lebih sekitar 30 rumah yanga ada di desa Dampala yang terendam air.
d. adanya tiang Listrik sebanyak 3 unit yang terbanting di tengah jalan yang berada diDesa Siumbatu.
e. adanya Tiang Listrik yang roboh di desa Dampala yang berjumlah kurang lebih 20 Tiang listrik.
f. Tertumpuknya Material tanah dan Batu di jalan trans Sulawesi desa Lalampu.
g. banyaknya Genangan air di halaman rumah masyarakat di wilayah kec bahodopi Kab. Morowali.
4. sampai saat ini jam 10.00 Wita wilayah Kec. Bahodopi Kab. Morowali masih di guyur hujan Deras.

INFO DARI POS ANGKATAN LAUT-BAHODOPI MOROWALI
a. Data sementara rumah warga Desa Siumbatu kec Bahodopi Kab Morowali yang terkena banjir dan terendam air yakni : Papa Ade, pak Ridwan. pak udin, Pak Badi, pak marno, pak usman, Pak Switno adani, Pak Harni, Taufik Mustari, Nene Andi Makutau, ibu Nur.
b. Termonitor di sepanjang jalan sudah mulai banyak pengantri bahan bakar Minyak (BBM) dan juga Pengantri Tabung Gas LPG untuk kebutuhan sehari-hari.

Lanjut di infokan, terjadinya bencana banjir diwilayah Kec. Bahodopi Kab. Morowali diakitbatkan Cura hujan yang sangat tinggi dan Cuaca yang sangat extrim di wilayah kec. Bahodopi Kab. Morowali.

Dan di prediksi:
a. Tidak menutup Kemungkinan Apabila Cura Hujan di wilayah Kec. Bahodopi Kab. Morowali semakin tinggi maka akan terjadi kembali Bencana Banjir dan juga tidak menutup kemungkinan akan terjadi longsor dan putusnya jalan trans Sulawesi akibat dari debit air yang meningkat.
b. Apabila Akses jalan terputus wilayah Kec. Bahodopi Kab. Morowali akan terisolir dan akan kesulitan memperoleh Tabung Gas LPG, Bahan Bakar Minyak serta kebutuhan lainya.

Langka langka, Melakukan Monitoring serta Pulbaket Wilayah Kec. Bahodopi Kab. Morowali.

Dan hasil akan rekomendasikan :
a. Kiranya Ka dapat berkoordinasi dengan Instansi Terkait Guna mengantisipasi adanya Daerah yang akan terisolir akibat banjir dan jembatan yang putus akibat dari cuaca Extrim yang terjadi di wilayah Kec. Bahodopi Kab. Morowali.

b. Kiranya Ka dapat memerintahkan personil bhabinkamtibmas dan Babinsa guna mendatakan secara lengkap wilaya binaan yang terkena bencana alam banjir dan bencana lainya. Iwan [8/6 12:02]: Morowali di landa banjir.

@infodes.id, 8/6/209-Ahmad Budullah

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.