Sigi  

Kadis PMD Sigi “Lomba Desa Tingkat Provinsi Sulteng, Ini Dia Tolak Ukur Penilaiannya”

 

INFODESA.ID-SULTENG-SIGI, Desa Omu, Kecamatan Gumbasa Kabupaten Sigi Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) meraih juara I lomba desa tingkat Kabupaten Sigi, sehingga mewakili Sigi mengikuti lomba desa tingkat Provinsi Sulteng Tahun 2019.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Sigi, Anwar, menyampaikan Lomba desa, merupakan salah satu kegiatan untuk mengevaluasi perkembangan desa dan menilai keberhasilan program pembangunan di segala bidang yang telah dilaksanakan. Olehnya, desa yang dinilai merupakan salah satu desa yang terbaik di masing-masing kabupaten. Kepada infodesa.id, Selasa 18/6/ 2019.

Lanjutnya atas dasar dokumen tim masing-masing kecamatan yang telah kami evaluasi di Kabupaten, Desa Omu Kec.Gumbasa, di nilai terbaik dari beberapa tolak ukur dalam penilaian.

Yang utama dalam penilaian, Keberhasilan program pembangunan, Desa Omu di nilai IDM (Indeks Desa Membangun) memperoleh nilai tertinggi, dari desa lainnya, berdasarkan beberapa indikator (RPJMDesa, RKPDesa, dan APBDesa). Urai Anwar.

Penilaian lainnya adalah Pengimputan Pengelolaan data Profil Desa dan Keluarga (Prodeskel) telah mulai diintegrasikan ke dalam OpenSID secara on line, juga point penting menjadi tolak ukur kami dalam penilaian, Jelas Anwar.

Himbaunya, Tujuan lomba desa bagaimana meransang partisipasi Masyarakat dalam pembangunan di desa, Jelas setiap perlombaan tentu ada yang “Menang dan Kalah” juara maupun tidak, itu ke dua, yang pertama adalah “bagaimana bisa melakukan evaluasi pemerintah desa di dalam melaksanakan pembangunan, menjalankan roda pemerintahan, PKK, dan Lembaga-Lembaga yang ada di desa (BPD,LPMD Dll)”. di evaluasi yang masih kurang di tingkatkan dimasa yang akan datang, utama pasca bencana Banjir, tanah longsor dan gempah bumi yang melanda wilayah Palu(Pasigala)-2018/209 “Imbau Anwar.

Harapan kami sebagai pemerintah, tentunya setelah lomba dan penilaian tingkat perkembangan desa yang dilakukan tim provinsi Sulawesi Tengah, dengan adanya lomba desa ini, adanya perubahan baik secara administrasi menjalankan roda pemerintahan maupun secara fisik di desa itu sendiri, dan terpenting adalah tingkat partisipasi masyarakat lebih meningkat dari tahun sebelumnya. Mengakhirinya.

**Infodesa.id-18/6/2019
Kontributor Palu (Chaw/AB).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.