Bupati Sigi, Instruksikan 4 program Kemendes Untuk Direalisasikan di Desa-Desa

  • Bagikan

 

INFODESA.ID-SULTENG-SIGI, Dalam penilaian lomba desa tingkat Kabupaten Sigi, Desa Omu Kecamatan Gumbasa terpilih menjadi juara satu atau terbaik dan mewakili lomba desa tingkat provinsi Sulawesi Tengah, yang penilaiannya dilaksanakan hari ini, Selasa 18/6/2019.

Camat Gumbasa Taswar Mustika, S. Pd, di lokasi titik penjemputan depan kantor Desa Omu, mengatakan penilaian lomba desa di awali dari penginfutan data, berdasarkan beberapa indikator sesuai lampiran Peraturan Menteri Dalam Negeri RI, Nomor 81 Tahun 1015 Tentang Evaluasi Perkembangan Desa dan Kelurahan, Instrumen Pengungkap Data dan Nilai Perkembangan Desa dan Kelurahan, yang dikirimkan dari Dinas PMD Kabupaten Sigi. Semua format kami kirimkan ke Desa Desa dan sekitar bulan Februari Kami evaluasi, hasil evaluasi kami kirimkan secara on line, dan semua secara sistem on line, ujarnya kepada infodes.id Selasa (18/6/2019).

Pantauan infodesa, Acara kegiatan lomba desa di awali laporan Ketua Tim PKK Desa Omu, selanjutnya Paparan Kepala Desa, Laporan Kadis PMD Provinsi Sulteng, Sambutan Bupati, Sambutan Gubernur dan selanjutnya acara penilaian.

Dalam sambutannya Bupati Sigi yang dibacakan oleh Sekda Kabupaten Sigi, menyampaikan rasa Bangga atas prestasi, keberhasilan desa Omu bisa mewakili desa desa desa lain dalam penilaian lomba desa tingkat provinsi Sulawesi Tengah yang dilaksanakan hari ini, Selasa 18/6/2019.

Bupati juga berpesan kegiatan lomba desa jangan hanya dijadikan kegiatan tahunan,bersifat seremonial untuk menjadi juara, dengan lomba desa bagaimana bisa mendorong motivasi dan peran serta masyarakata dalam membangun desa.

Selain itu, memberi motivasi kepada aparat Pemerintah Desa dan masyarakat dalam meningkatkan kinerja Pemerintah Desa dan meningkatkan lembaga peran serta masyarakat dalam pembangunan desa masing-masing sekaligus termotivasinya untuk berkompetensi secara sehat dengan desa lainnya.

Penilain lomba desa dilakukan dengan mengevaluasi dan memandingkan data 2 tahun terakhir.

Dapat di lihat disini :

Atas dasar Instrumen Pengungkap Data dan Nilai Perkembangan Desa yang telah di infut, sesua Permendagri No.81 Tahun 2015, sangat sejalan dengan “Visi” dan “Misi” Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sigi, dalam Memwujudkan “Kabupaten Sigi yang Maju, Mandiri Berbasis Ekonomi Kerakyatan”

Yang telah dijabarkan ke dalam 5 Agenda utama, yaitu: “Meningkatkan Akses dan kwalitas pelayanan pendidikan, kesehatan dan infrastruktur, Peningkatan ekonomi berbasis, kesehatan, meningkatkan reformasi birokrasi dan tata kelolah penegakan supermasi hukum dan HAM, meningkatkan kwalitas ketertiban, keamanan, harmonisasi sosial serta meningkatkan pengelolaan SDA secara optimal dan berkesinambungan.

Dalam sambutannya Bupati Sigi Muhamad Irwan Lapata, S.Sos., M.Si, Mengintrusikan! “Kepada seluruh kepala desa di Kabupaten Sigi” dapat menjalankan dan merealisasikan, 4 Program Prioritas Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (PDTT) adalah program yang di prioritaskan oleh Kemendes untuk direalisasikan di desa-desa sebagai dasar pembuatan BUMDes.

4 program ini diharapkan mampu memberikan dampak bagi kesejahteraan masyarakat desa, memberikan peluang baru bagi ekonomi desa, menjamin ketersediaan air, dan memberikan fasilitas berupa sarana dan prasarana untuk kegiatan olah raga. Penggunaan ADD/DD di desa diharapkan mampu di manfaatkan secara maksimal tidak hanya bagi pembangunan fisik desa tapi juga untuk pembangunan sumber daya manusia.

1. Produk Unggulan Kawasan Perdesaan (Prukades)
2. Embung Air Desa
3. Badan Usaha Milik Desa (BUMDes),
4. Sarana Olahraga Desa (Raga Desa).
Dan juga program beda rumah untuk kuarga miskin. “HarapNya.

**Infodesa.id-18/6/2019
Kontributor Sigi (Chaw/AB).

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.