Desa Slogohimo kabupaten Wonogiri Selesai RPJM Des

  • Bagikan

INFODESA.ID-WONOGIRI-Target batasan waktu pada akhir bulan Maret untuk merampungkan penyusunan RPJM Des Desa Slogohimo, Kecamatan Slogohimo, Kabupaten Wonogiri – Jawa tengah dapat tercapai.

Rampungnya penyusunan RPJM Des Desa Slogohimo ditandai dengan selesainya Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (Musrenbangdes) pembahasan RPJM Des di balaideaa Slogohimo (28/3) yang dihadiri Forkompimcam Slogohimo dan perwakilan masyarakat.

“Setelah menyelesaikan Musrenbangdes yang menyepakati Rancangan RPJM Des menjadi RPJM Des maka Pemerintah Desa Slogohimo mengeluarkan Peratutan Desa (Perdes) Nomor 003 Tahun 2019 tentang RPJM Des. Dengan demikian, Desa Slogohimo telah memiliki perencanaan jangka menengah untuk masa anggaran 2019-2024,” papar Dewantoro, Kepala Desa Slogohimo.

Dewantoro juga mengapresiasi partisipasi masyarakat yang antusias mengikuti tahapan demi tahapan penyusunan RPJM Des Desa Slogohimo.

“Dalam RPJM Des yang disusun secara partisipatif merencanakan program dan kegiatan pembangunan desa yag dikelompokkan dalam lima bidang, yaitu; penyelenggaraan pemerintahan desa, pelaksanaan pembangunan sebanyak 323 usulan, pembinaan kemasyarakatan sebanyak 25 usulan dan pemberdayaan masyarakat sebanyak 59 usulan. RPJM Des ini akan kita jadikan dokumen utama sekaligus pedoman dalam perencanaan pembangunan Desa Slogohimo untuk rentang waktu 6 tahun kedepan,” jelas Titin Kusdarmasih, Ketua Tim 11 (Tim Penyusun RPJM Des).

Salah satu anggota Tim 11 yang juga pegiat perencanaan pembangunan desa dari P2KTD Sedah, Kun Prastowo mengharapkan kepada semau elemen masyarakat Desa Slogohimo untuk konsisten mengawal implementasi RPJM Des yang telah selesai disusun.

“Rampungnya penyusunan RPJM Des Desa Slogohimo ini menjadi pintu pembuka bagi upaya perubahan paradigma masyarakat terhadap perencanaan pembangunan desa. Tahap berikutnya justru lebih berat karena harus direalisasikan dalam program dan kegiatan di tengah masyarakat. Pemerintah Desa Slogohimo harus bekerja keras untuk mengimplementasikan perencanaan yang telah disusun,” urai Kun Prastowo.
( Fik/ KP)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.