Rapat Koordinasi Tenaga Pendamping Profesional di Banggai Kepulauan

  • Bagikan

INFODESA.ID|SULAWESI TENGAH|BANGGAI KEPULAUAN, Salakan, Kadis DINSOS-PMD Drs.Muchsin Sasia, MM hadir memberikan penghargaan dalam Rapat Koordinasi Tenaga Penamping Profesional di Bangkep.

Kembali Kadis mengawali sambutan dimana sesuai amanat UU No. 6 Tahun 2014 tentang Desa bahwa pelaksanaan kegiatan pembangnan dan pemberdayaan masyarakat di desa diperlukan pendampingan untuk memfasilitasi masyarakat, dalam melaksanakan tahapan program/kegiatan mulai tahap sosialisasi, perencanaan, pelaksanaan, dan pemantauan berbagai kegiatan pembangunan wilayah pedesaan. rapat koordinasi ini juga dimaksudkan Peningkatkatan Kinerja Penamping Desa di Kab. Banggai Kepulauan, Ungkap Kadis di Balai Desa Baka Kecamatan Tinangkung Bangkep (9 Januari 2018).

Pantauan infodesa.id saat Sambutan Koordinator Tenaga Ahli Moh.Yamin, ST, dimana secara umum, ada 13 tugas pokok Tenaga Pendamping Profesional dalam melakukan tugasnya di wilayah kerja masing-masing.

Berikut poin-poinnya:
1. Memfasilitasi penetapan dan pengelolaan kewenangan lokal berskala desa dan kewenangan desa berdasarkan hak asal-usul.

2. Memfasilitasi penyusunan dan penetapan peraturan desa yang disusun secara partisipatif dan demokratis.

3. Memfasilitasi pengembangan kapasitas para pemimpin desa untuk mewujudkan kepemimpinan desa yang visioner, demokratis dan berpihak pada kepentingan masyarakat desa.

4. Memfasilitasi demokratisasi desa

5. Memfasilitasi kaderisasi desa

6. Memfasilitasi pembentukan dan pengembangan lembaga kemasyarakatan desa

7. Memfasilitasi pembentukan dan pengembangan pusat kemasyarakatan di desa atau antardesa

8. Memfasilitasi ketahanan masyarakat desa melalui penguatan kewarganegaraan, serta pelatihan dan advokasi hukum

9. Memfasilitasi desa mandiri yang berdaya sebagai subyek pembangunan mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembangunan desa yang dilaksanakan secara partisipatif, transparan dan akuntabel

10. Memfasilitasi kegiatan membangun desa yang dilaksanakan oleh supradesa secara partisipatif, transparan dan akuntabel

11. Memfasilitasi pembentukan dan pengembangan Badan Usaha Milik Desa

12. Memfasilitasi pembentukan dan pengembangan kerja sama desa dengan pihak ketiga

13. Memfasilitasi pembentukan serta pengembangan jaringan sosial dan kemitraan dan tugas lainnya mengisi ruang-ruang kosong di antara pemerintah dan masyarakat.

Lanjut ungkap Yamin 13 Point diatas adalah Tugas Pokok kita semua. Dengan demikian ungkap Yamin, Tugas utama Tenaga Ahli, mencakup bantuan teknis keahlian bidang manajemen, kajian, keuangan, pelatihan dan peningkatan kapasitas, kaderisasi, infrastruktur perdesaan, dan regulasi. Pemerintah, Pemerintah Daerah Provinsi, Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota dalam hal teknis pemberdayaan masyarakat  Desa, dapat terbantu.

Rapat Koordinasi ini di pimpin oleh Moh.Yamin, ST.Dihadiri oleh seluruh Tenaga Ahli 5 orang, Pendamping Desa (PD) 29 Orang dan Pendamping Desa Tehnik Infrastruktur (PDTI) 39 orang, yang ada di Kab. Banggai Kepulauan, Insya Allah Pelaksanaan rakor sperti ini kita perbulan di rolling ke tiap Kecamatan dan masuk dalam Perencanaan Desa.

Juga perlunya penyederhaaan pengelolaan keuangan desa yang diatur dalam regulasi daerah untuk mengejar ketinggalan progres Bangkep dengan tdk mengaburkan substansi kegiatan khususnya terkait perencanaan desa ungkap Yamin mengakhirinya.(Ahmad Budullah)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *