Musyawarah Dusun Desa Tompudau Dalam Menyusun RPJM Desa

  • Bagikan

INFODESA.ID|SULAWESI TENGAH|BANGGAI KEPULAUAN – Tompodau,  Pius Bea Kepala Dusun II Desa Tompudau, Kec.Tinangkung Kab. Banggai Kepulauan Sulawesi Tengah, memimpin musyawarah Dusun II Desa Tompudau, Acara musyawarah desa di laksanakan di Gedung Posyandu, Jum’at, 19 Januari 2018.

Liputan infodesa.id musyawarah Dusun II Desa Tompudau Kec.Tinangkung bagian dari tahapan penyusunan RPJM Desa.

Baca Juga :  http://www.infodesa.id/nasional/08/01/2018/peran-pendamping-dalam-penguatan-kapasitas-tenaga-teknis-desa/

Bu Helti Rusdi Penamping Desa Kec.Tinangkung,  Menyampaikan, Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJM Desa) merupakan penjabaran dari “Visi dan Misi” Kepala Desa dan program desa yang penyusunannya berpedoman pada Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJP Daerah) dan memperhatikan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJM Nasional).

Lanjut Penjelasannya:  Saat ini Desa Tompodau telah membentuk Tim Penyusun RPJM Desa, Tim Penyusun RPJM Desa Kepala Desa Tompodau Kamran Lahondo selaku pembina; Sekretaris Desa Henok Nduku selaku ketua; Ketua Lembaga pemberdayaan masyarakat  Adriel. selaku sekretaris; dan anggota yang berasal dari perangkat Desa, lembaga pemberdayaan masyarakat, kader pemberdayaan masyarakat Desa, dan unsur masyarakat lainnya. Yang dinamakan tim 11. berdasarkan Keputusan Kepala Desa Tompodau.

Sekretaris Desa  Tompodau Henok Nduku Ketua II

Baca Juga :  http://www.infodesa.id/kab-kota/banggai-kepulauan/09/01/2018/rapat-koordinasi-tenaga-pendamping-profesional-di-banggai-kepulauan/

Musyawarah Dusun saat ini, Materi Pengkajian Keadaan Desa, Potensi Dan Masalah, di Paparkan oleh Husni L.Larungah dan Siradjuddin A.Lumuang merupakan penamping lokal Desa Kec.Tinangkung.

Dijelaskan Husni L.Larungah  pada akhir Musyawarah Dusun II Desa Tompodau ini mendapatkan beberapa usulan kegiatan yang di singkornisasikan dengan “VISI & MISI” Kepala Desa. Dimana “VISI & MISI” Desa Tompodau dimaksud, sebagai berikut :

Visi ” melayani masyarakat secara menyeluruh demi terwujudnya Desa Tompudau yang Maju,  mandiri, sehat dan sejahtera “.

Misi :

  1. Mengoptimalkan kinerja perangkat desa
  2. Tranparansi keuangan
  3. Melaksanakan Pembangunan Sarana dan Prasarana yang tepat guna dan dapat dipertanggungjawabkan
  4. Meningkatkan kualitas pendidikan dan kesehatan masyarakat ,
  5. Mendorong sektor pertanian ,
  6. Meningkatkan sinergi lembaga adat, agama, dan organisasi lainnya.

Atas penjabaran visi dan misi diatas didapatkan usulan Kegiatan /Program yang bertajuk SURGA DESA, seperti :

  1. Sarana olah raga desa multi fungsi
  2. Badan Usaha Milik Desa,
  3. Pendataan tanah rakyat untuk menghindari komplik. Ujar Husni, mengakhirinya.

Acara Musyawarah Dusun II Desa Tompudau, dihadiri oleh ± 40 Masyarakat yang merupakan perwakilan dari Tokoh Agama, Tokoh Adat, Tokoh Pemuda, Karang Taruna dan lainnya dan berakhir Pukul 17.00 Wita, (Ahmad Budullah)

 

 

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.