Sambutan Kadis Sosial dan PMD Banggai Kepulauan, Dalam Bursa Inovasi Desa Kabupaten Banggai Kepulaun Tahun 2017

 

INFODESA.ID-SULAWESI TENGAH-Banggai Kepulauan, Dalam sambutannya Pada Pelaksanaan Bursa Inovasi Desa Kabupaten Banggai Kepulauan Tahun 2017, yang di laksanakan di Gedung Bebengketan Kelurahan Salakan, Kecamatan Tinangkung Kabupaten Banggai Kepulauan ( Senin,11/12-2017) Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Masyarakat Drs. Muchsin Sasia, MM menyampaikan kegiatan ini belum pernah ada di lakukan sebelumnya dari namanya saja Inovasi Bursa Inovasi, ini yang di namakan pasar, pertemuan antara penjual dan pembeli dalam Bahasa Banggai dinamakan “Labotan”.

Jadi ketika suatu Pasar tentunya kita sudah ada rencana mau beli apa dan mau jual apa dan dalam Bahasa lebih Kren/internasional Bursa, yang selalu kita dengar Bursa Efek Indonesia disingkat BEI, sekarang sudah masuk di Desa-Desa, Kecamatan dan Kabupaten dalam Bentuk Bursa Inovasi, dalam sambutannya Muchsin Sasia menyampaikan bahwa Inovasi adala sebuah kreatifitas dalam bentuk ide, masih dalam bentuk ide, ide itu bisa berupah gagasan, bisa berupa rencana, bisa berupa bayangan kedepan inilah yang dinamakan Inovasi.

Oleh karena itu Muchsin Sasia mengharapkan kepada seluruh pemimpin Desa baik sebagai Kepala Desa, DPD, LPMD sebagai perencana di desa itu diharapkan memiliki ide ide baru, ingin melihat ditempat sesuatu di tempat lain memunculkan sebuah ide dan gagasan untuk bisa diterapkan di desa masing masing sesuai keadaan di desa masing-masing seperti keadaan dan tofografi dan lainnya ini yang dinamakan “Bursa Inovasi”.

Lanjut dalam sambutannya, dalam pertemuan ini mengharapkan kepada ke semua peserta dapat melihat dan mengikuti menyesuaikan arahan arahan dari tim inovasi desa, bertanya apa yang belum diketahui atau kurang jelas dalam bursa atau dalam pasar ini, Pasar Ide, Sesuai tema hari pada kegiatan ini, Datang, Komit, Tiru, Maju” Datang secara fisik tidak ada, Komit, Komit adalah kesetujuan dibuktikan dengan tanda tangan, pada “KARTU KOMITMEN“ dan “KARTU IDE INOVASI”, Tiru apa yang kita tiru dala dokumen pembelajaran yang kita lihat, Demikian mengakhirinya.


Pantauan infodesa.id pada halaman gedung Bebengketan Kelurahan Salakan tempat kegiatan Bursa Inovasi Desa ini, terdiiri dari 2 Ruang, atau yang dinamakan ruang Bursa,
Bursa A -31 Dokumen Pembelajaran yang ditampilkan Jenis Usaha Sumber Daya Manusia (SDM),

Bursa B – 18 Dokumen Pembelajaran yang ditampilkan Jenis Usaha Kewirausahawan yang terdiri dari 2 Jenis, Infrastruktur dan Inovasi Bidang Kewirausahaan.

Pada Pelaksanaan Bursa Inovasi Desa Kabupaten Banggai Kepulauan Tahun 2017, berdasarkan pembirataan sebelumnya di hadiri sekitar 600 Peserta dari 141 Desa, dari 12 Kecamatan yang ada di kabupaten Banggai Kepulauan. (12/12-2017).(Ahmad Budullah)

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.