Pelatihan Penerapan Aplikasi SMART Desa di Desa Ambelang

INFODESA.ID|SULAWESI TENGAH|BANGGAI KEPULAUAN|Desa Ambelang Kecamatan Tinangkung merupakan Desa yang ke 2 (dua) di Kab.Banggai Kepulauan mengadakan pelatihan Penerapan Aplikasi SMART Desa v8.0.6 Sistem Terpadu Informasi Desa Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), bekerjasama dengan Lembaga Studi Manajemen Pembangunan Daerah (LESMABANGDA) yang sebelumnya di Desa Tonuson Kecamatan Totikum Selatan.


Pantaun infodesa.id pelatihan di buka oleh Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa
Dinas Sosial (DINSOS-PMD) Kabupaten Banggai Kepulauan Bapak Drs. Muchsin Sasia, MM.

Dalam sambutannya Kadis DINSOS-PMD, berupa meningkatkan kemampuan sumberdaya manusia di bidang teknologi komunikasi dan informasi di tingkat pemerintah desa. Desa saat ini tidak punya data atau Arsip desa tidak punya, ini yang mendorong kehadiran di sini, kami berkeinginan desa mempunyai data base desa. Lanjut ungkap Kadis PMD mari sama sama kita belajar dan perhatikan seksama, hal yang sama juga di sampaikan oleh koordinator Tenaga Ahli Kabupaten Banggai Kepulauan Moh.Yamin, ST.

Catatan infodesa.id dari paparan tim Lesmabangda dimana dijelaskan, beberapa Keunggulan dari Penerapan Aplikasi Smartdesa, yaitu :
– Administrasi Desa yang sederhana, cepat dan tepat,
– Format isian data penduduk yang sederhana mudah diinfut,
– Otomatis Lihat data/cetak data induk penduduk, berdasarkan statistik kebutuhan, paramater apapun yang diinginkan.
– Otomatis tampikan grafik, sesuai paramater,
– Memudahkan pelayanan Administrasi Surat Menyurat.
– Ketersediaannya informasi Frofil Desa, Rencana Pembangunan, Inventaris kegiatan projek/pembangunan,Kegiatan BPD,
– Dan Ketersediaannya pencatatan surat masuk dan Keluar.


Pada akhir paparan menyampaikan berulang bahwa dengan terisinya from isian sesuia format dengan benar satu pekerjaan di desa selesai, semua akan terjawab, semua akan terlayani menyangkut statistik apapun yang di butuhkan semua Insya Allah terjawab.

PAPARAN yang disampaikan Tim LESMABANGDA dimana Usai pelatihan Kepala Desa Ambelang Suprin Bidala, S.IP, mengutarakan Alhamdulillah baru beberapa hari saya memulai Tugas sebagai Kepala Desa apa yang menjadi Program 100 hari saya, melalui pelatihan Penerapan Aplikasi SMART Desa v8.0.6 Sistem Terpadu Informasi Desa Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), Insya Allah akan sangat muda, Insya Allah saya akan memerintahkan Para Aparat Desa, Ketua RT, dan Kepala Dusun agar segera mengisi from isian yang disiapkan. Ini merupakan data base desa kami sesuia apa yang disampaikan Kepala DINSOS-PMD tadi ungkap Kades yang baru di lantikn18/12-2017,YL.

Dikesempatan yang sama, Kades Suprin, menyampaikan Visi dan Misi saat Kampanye Pilkades yang lalu, dimana Visi saya “Melayani Masyarakat Desa Ambelang secara menyeluruh demi terwujudnya Desa Ambelang yang Maju, Mandiri, Sehat dan Sejahterah”.

Jadi dengan adanya Pelatihan Penerapan Sistem Teknologi Informasi ini, saya akan mengoptimalkan kinerja perangkat Desa secara maksimal sesuai tugas pokok dan fungsi perangkat Desa demi tercapainya pelayanan yang baik bagi Masyarakat, dan ini merupakan Misi saya ungkap nya.

Hadir dalam Pertemuan penerapan smartdesa Koordinator Tenaga Ahli Kabupaten Banggai Kepulauan Moh.Yamin, ST, Tenaga penamping Kabupaten Banggai Kepulauan, Tenaga pendamping Kecamatan Tinangkung Ibu Helti Rusdi, Ibu Fatimah R Maud dan Tenaga pendmping lokal Desa Ambelang Bapak Husni L. Larunga ,Acara di selenggarakan di Kantor Balai Desa Ambelang,kec.Banggai Kepulauan.(Ahmad Budullah)

 

 

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.