Kehidupan Masyarakat di Perkampungan pedalaman Sasake Banggai Kepulauan

  • Bagikan

INFODESA.ID-SULAWESI TENGAH BANGGAI KEPULAUAN, Dihon Kepala Desa Seano Kecamatan Buko Selatan menceritakan keadaan sala satu Dusun Desa yang di Pimpinnya, yaitu Dusun Sasake, yang mana Dusun Sasake merupakan Perkampungan Komunitas Adat Terpencil berjarak sekitar 10 Km dari sebelah Timur Desa Seano, Jumlah Kepala Keluarga yang mendiami Dusun Sasake Data Oktober 2017 sebanyak 17 Kepala Keluarga, dengan Jumlah 58 Jiwa, Laki laki 34 Jiwa, Perempuan 24 Jiwa, yang baru bisa baca tulis hanya 3 orang, ungkap Kades Dihon kepada infodesa.id baru baru ini di Salakan.

Dihon Kepala Desa Seano Kecamatan Buko Selatan

Lanjut ungkap Kades ini saya lagi membawa proposal buat Pemerintah Kabupaten Banggai Kepulauan agar dapat di anggarkan beberapa kebutuhan seperti: Jalan Akses ke pemukiman, Sarana Air Bersih, Sarana Pendidikan dan Paket A, sarana Kesehatan, Layanan Kesehatan, Penerangan dari Tenaga Surya, dan rumah layak huni, Tujuannya meningkatkan Taraf Hidup masyarakat Desa Siano umumnya khususnya Dusun Sasake.memudahkan pengangkutan hasil pertanian, membuka masyarakat adat Terpencil dan terisolasi dari dunia luar,.

Lanjut ungkapnya jarak dari Ibu Kota Kabupaten sekitar 170 Km, atau naik kenderaan roda 2/motor ditempuh 3-4 Jam. Untuk menuju ke Dusun Sasake bisa di lalui kenderaan motor hanya 1 Km, 9 Km harus jalan kaki melewati perbukitan, mendaki gunung hal ini dibenarkan oleh seorang Gadis pemerhati Masyarakat yang juga sebagai Bendahara Desa Seano Yulindra, yang banyak mengirmkan foto foto lewat akun sosial media facebooknya.

Yulindra Bendahara Desa Seano Kecamatan Buko Selatan

Lanjut ungkap Yulindra yang pernah ke sampai ke perkampungan dusun Sasake Air bersih mereka gunakan harus ambil dari mata air berjarak kurang lebih 1 Km, dan kami mengajari bagaimana cara sikat gigi, mandi bersih. Saat malam hari belajar hanya menggunakan senter pada di letakan di kepala Ungkapnya.(Yulindra/Ahmad Budullah)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.