Bupati Banggai Kepulauan Resmi Lantik 79 Kades Periode 2017-2023.

  • Bagikan

 

INFODESA.ID|SULAWESI TENGAH, Banggai Kepulaun, Bupati Banggai Kepulauan H. Zainal Mus resmi melantik 79 Kepala Desa (Kades) hasil pemilihan serentak 7 November 2017 lalu.

Pelantikan ini berlangsung Pendopo Rumah Jabatan Bupati Banggai Kepulaun di Salakan, Senin (18/12-2017). Pelantikan di dahului dengan Peringatan Hari Ibu (PHI) ke-89 Tahun 2017 Kabupaten Banggai Kepulauan .

Tema hari Ibu “Pentingnya Kualitas Ketahanan Keluarga Dalam Rangka Menciptakan Masyarakat Yang Sejahtera”
Pantaun Infodesa.id hadir dalam tamu VIV Bupati Banggai Kepulauan bersama Ibu, Ketua DPRD Kabupaten Banggai Kepulauan Moh Rishal Arwhie, Kapolres Banggai Kepulaun AKBP Idham Mahdi, S. IK. MAP, Perwira Penghubung Danramil 1308 L/B Salakan Bapak Sutikno, Sekda Banggai Kepulauan, Anggota DPRD, seluruh SKPD, Camat dari 12 Kecamatan dan Mantan Kades, Kades Terpilih, bersama Ibu Ibu Darmawanita Kabupaten Banggai Kepulauan.


yang menarik dari Peringatan Hari Ibu Ke-89 Kabupaten Banggai Kepulauan Kali ini adalah lomba Suami berhias Istri yang dilaksanakan sehari sebelum peringatan hari Ibu ini, demikian sambutan laporan pelaksanaan Peringatan Hari Ibu ke-89 Tahun 2017 yang di bawakan oleh Ibu Asni Sanso.

setelah Peringatan Hari Ibu (PHI) Ke-89 dilanjutkan dengan Pelantikan Kepala Desa Gelombang I (Satu) Kabupaten Banggai Kepulauan Tahun 2017 Periode 2017-2023.

Di dahului Pembacaan SK Pemberhentian Kades dan SK Pengangkatan Kades.
Pengambilan Sumpah yang di pimpin Pa Bupati Banggai Kepulaun, Selanjutnya penyematan tanda pangkat dan jabatan, Dan sambutan bupati.

Dalam sambutan Bupati Banggai Kepulaun H.Zainal Mus menyampaikan, Kebanggan tersendiri, dari 80 Kades terpilih 1 belum di lantik karena proses Hukum kata Bupati,
Kata sumpa yang sama sama kalian ucapkan adalah suatu sumpah yang anda ucapkan, kapan di langgar sambutan Bupati tidak segan segan memberhentikannya.

“Pelantikan ini harus dilakukan agar roda pemerintahan desa bisa berjalan Normal. Kepala desa terpilih harus bisa membawa perubahan di tingkat desa yang dipimpin. Desa saat ini sudah bisa merancang program pembangunan karena anggaran desa saat ini sangat banyak,” kata Zainal Mus saat melakukan sambutan.

Zainal Mus juga berpesan, dalam hal mengelola anggaran desa harus hati-hati, jangan sampai anggaran untuk membangun desa dipakai untuk memperkaya diri sendiri.

Pemilihan kepala desa sudah sesuai dengan aturan Kepala perundang undangan yang berlaku.

Kata bupati “Hati-hati, saya tahu saudara yang jadi kepala desa ini orang berani, artinya berani menghadapi resiko pemerintahan, jangan sampai belum habis masa jabatan sudah berurusan dengan hukum,” kata Zainal

Dia menegaskan, kades terpilih harus mewujudkan visi misinya, mengayomi semua warganya, jangan pilih kasih, karena pemilihan kedes lalu ini sudah pasti ada pro dan kontra. Itu harus dihilangkan agar Pemrintah bisa berjalan normal.
Dan Pak Bupati mengharap Kepala Desa harus bisa berinovasi.

Dalam Keputusan Bupati Kepala Desa wajib menyusun RPJM Desa. Sebagai pedoman pelaksanaan pembangunan di desa.
Kades yang di lantik setelah verifikasi akhir administrasi semalam, dari 80 Kades Terpilih 1 masih terganjal administrasi, sejumlah 79 orang, diantaranya 9 Wanita. Demikian ungkap Kadis Sosial, Pemberdayaan dan Desa Drs.Muksin Sasia.MM.(Ahmad Budullah)

 

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *