600 Peserta di Kabupaten Bangkep Seakan Terhipnotis Dengan Dokumen Pembelajaran yang di Tawarkan oleh Tim Bursa Inovasi Desa

  • Bagikan

 

INFODESA.ID-SULAWESI TENGAH-Banggai Kepulauan
Laporan Pelaksanaan Bursa Inovasi Desa Kabupaten Banggai Kepulaun Tahun 2017. Yang disambut meriah oleh 600 Orang Peserta utusan dari 141 Desa, yang ada di 12 Kecamatan Kabupaten Banggai Kepulaun Provinsi Sulawesi Tengah.

Pantaun infodesa.id setelah Acara di buka resmi oleh
Bapak Muis Abd.Latif M.Pd Sebagai Staf Ahli Bupati Bidang Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Banggai Kepulaun Para peserta seakan terhipnotis dengan dokumen pembelajaran yang disiapkan oleh Tim Inovasi Desa.

Yang utama terlihat pada Papan di halaman Gedung Bebengketan Kelurahan Salakan, Kecamatan Tinangkung Kabupaten Banggai Kepulauan yang di pisahkan dalam 2 Ruang Bursa,
Bursan A -31 Jenis Usaha Sumber Daya Manusia (SDM), Bursa B – 18 Jenis Usaha Kewirausahawan yang terdiri dari 2 Jenis, Infrastruktur dan Inovasi Bidang Kewirausahaan.


Total Pembelajaran Bursa Inovasi Desa yang di pajang di Papan inovasi yang direkomendasikan Kementrian Desa, PDTT ada 50 Paket Kegiatan, 1 Paket yang kami tidak tawarkan adalah masalah Perkebunan Sawit. Karena Daerah Bangkep belum punya perkebunan Sawit, ungkap Nano.

Setelah peserta melihat berbagai inovasi yang ada dan mempelajari mana yang bisa di abdosi, tim telah siapkan 2 Kartu, KARTU KOMITMEN dan KARTU IDE INOVASI, yang harus Peserta isi dengan berbagai PERTANYAAN, pantauan infodesa.id yang Para Peserta yang di pimpin oleh Kepala Desa masing duduk berkelompok untuk diskusi atas potensi desa yang mereka akan buat inovasi. Suatu pemandangan yang langkah.

Lanjut Tenaga Ahli Teknologi Tepat Guna (TA.TTG) Rano Sanjaya Abdusamad, saat di temui di selah kesibukannya mengarahkan Para Peserta unuk pengisian Kartu IDE INOVASI dan KARTU KOMITMEN menyampaikan
Kegiatan Bursa Inovasi Desa dilaksanakan yang di laksanakan di Banggai Kepulaun yang di Pusatkan di Gedung Bebengketan Kelurahan Salakan, Kecamatan Tinangkung Kabupaten Banggai Kepulauan adalah Kabupaten Ke -7 yang ada di Provinsi Sulawesi Tengah yang mengadakan Bursa Inovasi Desa.

Lanjut ungkap Nano yang bertugas sebagai TA-TTG sejak November 2015 di Banggai Kepulaun ini, menyampaikan Tema Bursa Inovasi Desa Kabupaten Banggi Kepulauan Provinsi Sulawesi Tengah ” Menjadikan Desa Inovatif dalam Pengelolaan Pembangunan Dan Pemberdayaan Masyarakat Desa”

Saat ini Peluang Desa untuk berinovasi kini lebih terbuka desa memiliki sumber dana yang besar dukungan penampingan dan sumberdaya lainnya juga tersedia. Mari manfaatkan Desa dengan lebih bijak, kreatif dan inovatif. Kata kunci ” Datang Komit, Tiru, Maju” demikian (11/12-2017)(Ahmad Budullah)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.