38 Sekdes Hadiri Pertemuan Kelembagaan Desa Siaga Tingkat Kabupaten Banggai Kepulauan

  • Bagikan

 

INFODESA.ID|SULAWESI TENGAH, Banggai Kepulauan, Dinas Kesehatan Kabupaten Banggai Kepulauan, melaksanakan Pertemuan Pengembangan Desa Siaga dan Advokasi Penggunaan Dana Desa untuk UKBM, Tingkat Kabupaten Banggai Kepulauan Tahun 2017 , di Sidapore HOTEL Salakan, 19/11-2017 di hadiri 38 orang Sekdes dari 5 Kecamatan Banggai Kepulauan yaitu :
Kec.Tinangkung,
Kec.Tinangkung Utara,
Kec.Tinangkung Selatan,
Kec.Totikum dan
Kec.Totikum Selatan.
Pelaksana kegiatan Bidang Kesmas Dinas Kesehatan Kab. Banggai Kepulauan.

Saat ditemui Ibu Eryati selaku Panitia penyelenggara menyampaikan pertemuan ini dimaksudkan untuk mengevaluasi bersama tentang pelaksanaan Desa Siaga Aktif, sejauh mana penerapan desa siaga aktif, sejauh mana pelayanan Kesehatan dasar? karena saat ini beberapa Desa justru telah menganggarkan lebih dari 20% seperti pembangunan Poskesdes, ini jadi bahan evaluasi kami.

Dalam pertemuan ini, dalam menghasilkan beberapa komitmen antara lain mengaktifkan kembali desa siaga dan perbaikan manajemen, penggunaan dana desa terkait dengan kegiatan UKBM.

UKBM (Upaya Kesehatan Bersumberdaya Manusia) adalah salah satu wujud nyata peran serta masyarakat dalam pembangunan kesehatan. Kondisi ini ternyata mampu memacu munculnya berbagai bentuk UKBM lainya seperti Polindes, POD (pos obat desa), Pos UKK (pos upaya kesehatan kerja),TOGA (taman obat keluarga), dana sehat, dll.

Adanya peraturan ditingkat didesa mengatur pengembangan UKBM, adanya pembinaan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di rumah tangga. Persalinan di Fasilitas Kesehatan untuk penekanan angka kematian Ibu dan Anak.


Eryati Dinas Kesehatan Kabupaten Banggai Kepulauan

Lanjut ungkap Eryati Pelaksanan program Upaya Kesehatan Bersumberdaya Masyarakat (UKBM), sudah terlaksana dengan alokasi dana desa, yang di titik beratkan adalah bagaimana mengatur manejeman tentang UKBM yang di maksud. Dan tindak lanjut dari pada komitmen kami akan evaluasi bersama, semoga sesuai dgn yg di harapkan Aamiin, mengakhirinya.(Eryati/Ahmad Budullah)

 

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *