Tumbuhan Meniling Di Desa Maninili

  • Bagikan

INFODESA.ID-MANINLI-Desa Maninili Kecamatan Tinombo Selatan Kabupaten Parigi Moutong Provinsi Sulawesi Tengah adalah sebuah desa yang terbentuk sejak tahun 1962 yang sebelumnya dikenal dengan kampung Meniling.

Nama Maniling diambil dari sebuah nama tumbuhan yang ada sejak zaman Belanda. Konon sejarahnya menurut tokoh Masyarakat bernama *Dar’in Daeng Mapato* menceritakan karena zaman itu banyak masyarakat yang mengalami penyakit kulit, bisa disembuhkan dengan daun tumbuhan Maniling hanya sayang,siapa yang menemukan tidak diketahui, demikian keterangannya kepada infodesa.id.

Dan saat itulah masyarakat menanamnya,Pantauan infodesa.id yang didampingi sekdes Maninili Barat Syafrudin saat mencari tau jenis tanaman dimaksud seperti apa? mendapatkan ada salah satu halaman rumah *Almarhum Jumun* di desa Maninili Barat yang merupakan pemekaran dari Maninili sejak tahun 2012 yang masih menanamnya,Desa Maninili mempunyai luas 239.89 KM2, dengan jumlah penduduk 1.918 jiwa, dengan jumlah KK 476 KK. Sumber data Kantor desa Maninili.

Menjabat sebagai plt. kepala Desa Maninili Sejak tanggal Kades 10 Agustus 2017 Bapak *Drs. Moh. Djiwar* saat ini persiapan pilkades yang rencana akan di gelar serentak di beberapa desa di Kabupaten Parigi Moutong pada tanggal 13 November 2017, demikian ungkap *Moh.Moh.Azim, S. PT. Sekdes Maninili* yang menjabat sejak tanggal 7 Juli tahun 2016. (9/11-2017).(Ahmad)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.