To Malaong ( Manusia Tinggi ) Di Malanggo

  • Bagikan

INFODESA.ID.MALANGGO. Desa Malanggo Kecamatan Tinombo Selatan Kabupaten Parigi Moutong Provinsi Sulawesi Tengah adalah sebuah desa pemekaran dari Desa Sigenti Kecamatan Tinombo saat itu atau tepat pada Tahun 1968. Sebelum pemekaran Kecamatan Tinombo Selatan.

Kades Malanggo, Arwis Djaber menjabat sejak 10 Maret 2016, menceritakan history sejarah Desa Malanggo, Pada jaman dahulu cerita orang tua kami ada seorang penduduk, yang mempunyai postur Badan tinggi, sayang ketinggiannya tidak ditau persis berapa yang jelas manusia tertinggi saat itu.

Penduduk tersebut disejarahkan tidak pernah kawin dan tidak punya keturunan, hidup sendiri sampai akhir hayatnya dan digelar to malaong(Lautje). Dari sinilah asal muasal nama desa menjadi Malanggo, yang mana adalah berpaduan antara kata Malaong= Bahasa Lauje artinya tdk punya keturunan/hidup sendiri, dan Nalanggo= bahasa kaili yg arti Tinggi, atau digelar to malaong.

Maka dengan perpaduan kata tersebut antara Malaong dan Langgo, maka disebutlah nama desa ini Desa Malanggo.
Desa Malanggo mempunyai luas wilayah kurang lebih= 5037, 79 Ha, Jumlah Penduduk tercatat saat ini 1.644 Jiwa dengan Jumlah KK 3.84 KK.Demikian keterangannya kepada infodesa.id. [ahmad]

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *