Sumbangsih ALPEKSI Dalam Meningkatkan Kapasitas SDM Indonesia

  • Bagikan
Kantor DPP Alpeksi
Ketua Umum ALPEKSI Ridwan Daali, SE

INFODESA.ID – Jakarta – ALPEKSI, sebuah asosiasi tempat berhimpunya lembaga non birokrasi yang bergerak dibidang peningkatan kapasitas SDM Indonesia yang telah mendeklarasikan keberadaanya sejak 2 Januari 2015, kini makin memantapkan kiprahnya.

Dengan berbagai macam cakupan seperti bidang kajian, bimbingan teknis, pelatihan dan pendidikan nonformal serta pengembangan jasa penyediaan sumber daya manusia dan manajemen fungsi sumber daya manusia yang berada di seluruh Indonesia, ALPEKSI mempunyai maksud dan tujuan, visi dan misi yang tertuang dalam Anggaran Dasar dimana harapan dan tantangan untuk dapat mewujudkan cita-cita luhur Bangsa dan Negara dalam hal mencerdaskan kehidupan berbangsa dan bernegara berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.

Ketua Umum ALPEKSI Ridwan Daali, SE. saat ditemui infodesa.id di ruang kerjanya, Rabu (29/11) menyampaikan, ALPEKSI yang telah diakta notariskan pada 19 Januari 2015 di Jakarta, telah memiliki jaringan organisasi di seluruh Indonesia mulai dari DPP, DPD, DPC dan DPK.

“ALPEKSI yang berkantor pusat di jalan Mangga Besar VI No.20E, RT.1/RW.1, Taman Sari, Tamansari, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11150, memiliki badan atau lembaga khusus dimana diharapkan dapat berperan aktif dan melakukan sinergitas dengan program-program kebijakan Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah dalam pengelolaan peningkatan sumber daya manusia. Saat ini, ALPEKSI telah mempunyai anggota sebanyak 93 Lembaga yang ada di Indonesia,” ungkap Ridwan.

Ridwan juga mengatakan, dengan visi terwujudnya komitmen dan eksistensi lembaga-lembaga non Pemerintah yang akan terhimpun di seluruh Indonesia pada bidang kegiatan pengingkatan kapasitas atau kompetensi Sumber Daya Manusia sebagai organisasi yang dapat mewujudkan salah satu cita-cita luhur bangsa dalam hal mencerdaskan kehidupan bangsa dalam sistem kehidupan tatanan masyarakat dan Pemerintah demi terlaksananya program-program Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah yang dapat bekerjasama secara sinergis.

“ALPEKSI mempunyai misi meningkatkan kapasitas Sumber Daya Manusia melalui penataan dan pendataan Lembaga-lembaga Non Pemerintah dibidang kegiatan program pendidikan, pelatihan, penelitian/kajian, study banding, konsultasi dan pendampingan yang dapat mendukung terciptanya langkah dan arah pembangunan manusia Indonesia yang seutuhnya menuju tercapainya mental dan kepribadian yang bersih, jujur, berwibawa dan bertanggung jawab,” kata Ridwan.

Dia juga menuturkan bahwa, ALPEKSI menjalin kemitraan dengan Perguruan Tinggi Negeri/ Swasta, Pemerintah Daerah Provinsi/Kabupaten/Kota, sampai pada Pemerintah Desa dalam mengawal pelaksana pemerintah desa dalam hal Peningkatan Sumber Daya Pemerintah Desa, kehadiran ALPEKSI mengaju pada Permendagri No.52 Th 2015 Tentang Pedoman Penyusunan APBD Th 2016.

Senada dengan hal itu, Ketua Departemen Pendidikan dan Pelatihan ALPEKSI Ismail Zahnil mengatakan bahwa, untuk tertib Administrasi, tertib penyelenggaraan dan Adpokasi, kompotensi narasumber yang berhubungan dengan materi yang di sajikan sangat dibutuhkan.

“Kehadiran ALPEKSI dibutuhkan untuk bagaimana mengcover pelayanan penyelenggaraan kegiatan, serta Peningkatan Sumber Daya Manusia sebagai bentuk pengawasan dan pertanggung jawaban ALPEKSI sesuai dengan tujuan pelaksanaan penyelenggaraan kegiatan yang berkaitan dengan Peningkatan Sumber Daya Manusia khususnya Pemerintah Desa dalam pengelolaan Keuangan Desa,” pungkas Ismail.(Ahmad Budullah/Bambang)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.