Profil Pusdatin-Balilatfo

  • Bagikan
Hj. Helmiyati

INDODESA.ID,Jakarta-Badan Penelitian Dan Pengembangan, Pendidikan Dan Pelatihan, Dan Informasi Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia, beralamat di Jl.TMP Kalibata No. 17 Gedung Utama Lt. 3, Jakarta Selatan DKI Jakarta.

Catatan redaksi media infodesa.id saat kunjungan silaturahim ke Kantor Pusdatin-Balilatfo, Gedung Utama Lt. 3, Direktorat Jenderal Pembangunan Kawasan Pedesaan,
Direktorat Jendral Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa.

Adapun profil singkat Badan yang di Kepalai Hj. Helmiyati, adalah :

• Berdasarkan Peraturan Menteri Desa, PDT dan Transmigrasi No. 6 Tahun 2015, Pusat Data dan Informasi mempunyai tugas melaksanakan pembinaan dan pengelolaan sistem informasi, manajemen data, pelayanan data dan informasi serta pengembangan sistem dan sumber daya informatika di bidang desa, pembangunan daerah tertinggal dan transmigrasi. (Pasal 1026-1040)

• Berdasarkan Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi No. 1 Tahun 2016, Tentang E-Government di Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi. Pusdatin mempunyai tugas melaksanakan pembinaan, pengembangan, pengelolaan dan penyediaan data, insfrastruktur bidang desa, pembangunan daerah tertinggal dan transmigrasi serta penyelenggaraan sistem informasi dan sumber daya informatika dalam rangka mendukung manajemen Kementerian. (Pasal 1 ayat 25)

• Peraturan Menteri No. 10 tahun 2016 tentang Pedoman Pengelolaan Data dan Informasi, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi.

• Dalam mendukung program unggulan Kementerian,Pusdatin-Balilatfo ditugaskan menjadi koordinator pemanfaatan TI.

• Program Unggulan Kementerian Desa,Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi No. 2 : Percepatan Pembangunan Desa Melalui Pemanfaatan Teknologi Informasi Komunikasi (TIK). Sesuai dengan Permen Kemendesa No.6 Tahun 2015


Dalam silaturahim ini kami sekaligus memperkenalkan sistem terpadu informasi desa, berbasis Teknologi informasi dan Komunikasi (TIK) dalam bentuk Aplikasi smartdesa.net, dan media infodesa.id Kepada Hj.Helmiyati, Alhamdulillah disambut positif dan akan mempelajari terhadap inovasinya dan pemberitaan infodesa.id bersama tim Pusdatin-Balilatfo mengakhirinya.(Ahmad Budullah)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.