Nama Desa Khatulistiwa Dari Longky Djanggola

INFONESIA.ID – PARIGI MOUTONG- Desa Khatulistiwa adalah sebuah desa pemekaran dari Desa Siney Kecamatan Tinombo Selatan Kabupaten Parigi Moutong Provinsi Sulawesi Tengah, yang di mekarkan pada tahun 2006. Nama Khatulistiwa diusulkan oleh Drs.Longky Djanggola, saat menjabat sebagai Bupati Parigi Moutong, saat ini beliau sebagai Gubernur Provinsi Sulawesi Tengah.

Usulan Longky Djanggola cukup beralasan yang mana Titik NOL Derajat Lintang (Khatulistiwa) di Sulawesi Tengah berada di Dusun Bambanipa Desa Siney Kecamatan Tinombo Selatan Kabupaten Parigi moutong atau 157 Km sebelah Utara Palu, Ibukota Provinsi Sulawesi Tengah.

“Tugu Khatulistiwa” diresmikan di Siney tanggal 9 Juli 1992, sebelum pemekaran oleh Panglima Angkatan Bersenjata RI Jenderal Try Sutrisno. Pada Prasasti tertulis “Tugu Khatulistiwa Hasil Karya Bhakti Lata RI Jenderal Try Sutrisno Sitarda Nusantara XIII. Demikian keterangan Kepala Desa Khatulistiwa Bapak Syarifudin yang menjabat sejak Tahun 2016 hasil Pemilihan langsung kepada tim infodesa.id.


Lanjut Kades menceritakan berdasarkan sejarah sejak zaman Pemerintah Belanda sekitar tahun 1920-an kira-kira hampir bersamaan dengan pembangunan Monumen Khatulistiwa di Pontianak Provinsi Kalimantan Barat Tahun 1928 di sekitar lokasi yang saat ini di Bangun sudah ada tanda/tugu Khatulistiwa bikinan Belanda.

Setelah dilakukan survey /pengukuran secara cermat untuk posisi NOL Derajat lewat satelit, ternyata ada perbedaan dari posisi awal. Hal ini terjadi karena faktor akurasi, Cara dan alat yang digunakan pada waktu itu belum secanggih dengan teknologi saat ini. Dengan demikian bangunan tugu yang baru harus bergeser dari buatan lama, dimikian kata Kades menjelaskan dengan semangat saat ditemui tim infodesa.id dalam keadaan kurang sehat.

Selanjutnya tim infodesa.id menemui Sekdes  Jiman, dalam pertemuan tercatat Luas Desa 1.067 HA, Jumlah Penduduk 1.621 Jiwa, dengan Jumlah KK 337, dan desa Khatulistiwa diuntungkan dengan adanya Monumen atau Tugu ini, yang merupakan Aset Daerah yang unik dan Langkah. Insya Allah kami akan menjaganya kata Jiman yang baru menjabat sebagai sekdes Mei 2017 mengahirinya. (Ahmad).

 

Ini peta Kantor Desa  Khatulistiwa :