Ini Desa Maninili Utara, Bekas Pelabuhan Kapal Portugis

  • Bagikan

INFODESA.ID -MANINILI UTARA -Desa Maninili Utara Kecamatan Tinombo Selatan Kabupaten Parigi Moutong Provinsi Sulawesi Tengah, merupakan pemekaran dari Desa Maninili yang dikenal dengan Tanaman Meniling pada Tahun 2013, demikian keterangan Kepala Desa Maninili Utara Taharudin yang menjabat sebagai Kades sejak Tahun 2016.

Lanjut kades menceritakan historys sejarah singkat Desa Maninili Utara. Pada Tahun 1947 – 1975 masyarakat hidup bercocok tanam dengan membuka lahan dan menempati wilayah yang mulanya adalah hutan rimba yang di kenal dengan wilayah Kampung Tangkelai yang merupakan bagian dari Wilayah desa Maninili yg terletak di sebelah Utara dari desa Maninili pembukaan lahan secara tradisonal saat itu sebagian digunakan untuk lahan pertanian dan lahan perkebunan.

Beberapa Tokoh yang tinggal dan menetap di Tangkelai saat itu adalah Labangkang, Lapuna dan Ampu. Selang waktu desa Maninili memekarkan Dusun Tangkelai menjadi dua dusun yaitu Dusun Tangkelai dan Dusun Labuan dalam satu Wilayah Desa Maninili pemberian Dusun Tangkelai dan Dusun Labuan di ambil dari hasil musyawarah orang-orang tua terdahulu.

Dusun Tangkelai di ambil dari nama pohon besar yg hidup di pinggiran pantai sebelah utara dari desa Maninili pohon tersebut memiliku duri, bila sekelompok orang lewat si smping pohon tersebut, kulit atau pakaian akan tetkait (tersentuh) oleh pohon Tangkelai, sedangkan Dusun Labuan di ambil dari nama Pelabuhan yang tempat persingahan kapal kapal dagang Portugis pada saat itu sehingga labuan menjadi simbol atau nama dari orang tua terdahulu, demikian ungkap kades kepada infodesa.id.

Lanjut tim infodesa.id menemui Bapak Nirwan Sekdes Maninili Utara yang menjabat sejak Tahun 2016, dalam pertemuan tim mencatat : – Luas wilayah Maninili Utara kurang lebih= 743,47 Ha.
– Jumlah penduduk 906 jiwa, dan  Jumlah KK = 246 KK. [Ahmad]

 

Ini peta Kantor Desa  Maninili Utara :

 

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *