Dusun Dongkalan Menjadi Desa Malanggo Pesisir

  • Bagikan

 

INFODESA.ID-Malanggo pesisir dimekarkan sejak April 2011, Demikian keterangan Sabran H. Runtu yang bertugas sejak 9 Januari 2012 sebagai Kepala Desa Malanggo Pesisir yang awalnya dikenal dusun Dongkalan, nama Dongkalan diambil dari Kayu tertinggi sebagai bahan pembuatan dayung para nelayan dan sampai saat ini juga bahan pembuatan dayung diambil dari kayu dongkalan, sayang saat mencari jenis kayu tersebut di sekitar desa tidak ada, adanya di pegunungan.

Lanjut Kades menceritakan history desa Malanggo pesisir yang dikenal dengan nama Dongkalan, menjadi Malanggo Pesisir atas kesepakatan Panitia pemekaran dan tokoh masyarakat.Di desa ini ada tersedia sumber mata air Ogopinomula bahasa lauje airnya air di tanam yang ditandai pohon Dongkalan, Konon sejarah sepasang suami istri, turun mencari air, dan suaminya memanjat pohon Dongkalan untuk melihat air laut turun, dan sampai dimana suara terdengar itulah daratan. Saat ini mata air ogopinomula tidak pernah kering. Dan dimanfaatkan sebagai air bersih yang melayani kurang lebih 200 KK di Malanggo Pesisir.

Lanjut Kades menceritakan bahwa di desa Malanggo Pesisir yang dulunya dikenal dengan Dongkalan terdapat Pasar Rakyat yang cukup dikenal, karena adanya Pelabuhan Rakyat, para pedagang membawa dagangannya lewat kapal rakyat, yang berlabu di dongkalan, dikenal dengan sinar dagang para pedangangnya dan di kampung kampung lain saat itu belum ada pasar, sehingga dalam peta rupa bumi terdapat nama Dongkalan. Mengahiri keterangannya.

Lanjut Sekdes Ibu Hijra Nurgawati, bertugas sejak 1Januari 2014. Desa Malanggo PesisirMemberikan ketenangan kantor Desa diresmikan oleh Bupati H.Syamsurizal Tombolutu tanggal 27 Februari 2017, Luas Desa Malanggo Pesisi 3.000 M2 ,Penduduk 850 Jiwa dengan Jumlah KK 200.KK. Demikian keterangannya ke infodesa.id.[Ahmad]

 

Ini peta Kantor Desa Malanggo Pesisir :

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *