DIRJEN PPMD Akan Usul Ke Presiden , Satu Desa Destinasi Wisata Pedesaan Terbaik

  • Bagikan

INFODESA.ID- Yogyakarta -Kampung Mataraman Desa Panggungharjo, Kecamatan Sewon, Kabupaten Bantul Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, Dalam Kegiatan “Refleksi 3 Tahun Desa Membangun Indonesia”, yang dirangkaikan dengan Rembuk Desa Nasional.

 

Pantaun infodesa.id Minggu sore, (26/11-2017) dalam sambutan singkatnya Dirjen Pemberdyaan Masyarakat Desa (PPMD) Kementrian PDTT,  Taufik Madjid, S.Sos, Pertama mengapresiasi Kepada seluruh peserta yang telah hadir mensukseskan kegiatan ini.

Utama kepada tempat pelaksanaan kali ini, dapat menciptakan suasana damai dan sejuk, suatu tempat seakan akan kita berada, Jakarta International Expo (JIExpo) – Kemayoran, Jakarta. Ungkap Pak Dirjen. Ini sebagai bukti nyata, suatu kreatif inovasi teman teman pemudah desa yang kita harus hargai, ini suatu semangat “Refleksi 3 Tahun Desa Membangun Indonesia”, dalam rangka evaluasi pelaksanaan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa (UU Desa) melalui Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD), Kementerian Desa PDTT.

Lanjut kata Dirjen tadi telah sama sama kita ikuti Paparan dan Diskusi, Sharing Session dan draf Penyusunan Resolusi Pembangunan Ekonomi Lokal Tentang Potret Capaian Dana Desa dalam Menggerakkan Perekonomian Nasional, Pengembangan Destinasi Wisata Perdesaan, Pengelolaan Pasar Desa, Pengelolaan Wisata Desa  ‘Gunung Api Purba’ Desa Nglanggeran Pathuk Gunung Kidul.

Dan Pengembangan Inovasi Desa yang di awali oleh Wahyudi Anggoro (Tim Pengelola Sistem Informasi Desa Panggungharjo,Kab.Bantul) dengan Pengelolaan Sistem Informasi Desa.

Bagaimana Pengelolaan Bengkel Inovasi Teknologi Tepat Guna, I Wayan Budiyana (Tim Bengkel Inovasi TTG Cipta Karya Kab. Gianyar),

Bagaimana Praktek Terbaik Pengelolaan BUM Desa Tirta Mandiri Desa Pongok, Kab. Klaten, oleh Yani Stiadi (Direktur BUM Desa Tirta Mandiri),

Juga tadi dengan semangat yang tinggi tentang Praktek Terbaik Pengelolaan BUM Desa Bersama Kecamatan Leles, Kab.Garut, M.Gunung (Ketua BUM Desa Bersama Kecamatan Leles, Kab. Garut).

Terakhir tadi telah kita dengarkan bagaimana Pemanfaatan Tata Ruang Desa Sebagai Basis Perencanaan Pembangunan Desa, Oleh Mahditia Paramitha (Ketua Human Resource Center DIY).

Baik Pembangunan Ekonomi Lokal Pengembangan Inovasi Desa, yang kita akan rumuskan bersama sebagai Resolusi bersama dalam kegiatan Rembuk Desa Nasional Kali ini.

Lanjut dalam sambutan singkatnya Pak Dirjen PPMD juga Menekankan pada Pengembangan Destinasi Wisata Perdesaan, Pengembangan BUM Desa kita harus merumuskannya berasama, dengan Strategi solusinya.

Lanjut ungkapnya tadi Bupati Kab. Siak Pak H.Alfedri menyampaikan bahwa mereka punya kurang lebih 10 tempat Destinasi Wisata Desa, inilah yang menginfirasi Kami untuk mengusulkan kepada Bapak Presiden Jokowi agar menetapkan 1 Desa Destinasi Wisata terbaik dalam rangka mendukung visi pemerintah untuk memajukan daerah melalui pariwisata karena sektor tersebut dinilai cepat dan mudah dikembangkan.

Melalui penghargaan desa wisata terbaik, diharapkan akan menjadi motivasi bagi desa lainnya bahwa desa mampu berprestasi sehingga pemerataan pembangunan di Indonesia dapat terwujud,” ujar Taufik Madjid.  (Ahmad Budullah/Bambang)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *