Batu Unik Di Desa Maninili Barat

  • Bagikan


INFODESA.ID-SULAWESI TENGAH-Terbentuknya Desa Maninili Barat terjadi karena ada pemekaran Desa Maninili Induk Kecamatan Tinombo Selatan Kabupaten Parigi Moutong Sulteng. Pemekaran dilaksanakan tahun 2013.

 

Luas Wilayah Maninili Barat setelah pemekararan 44.444 Km2, dengan jumlah penduduk 997 jiwa atau 225 Kepala Keluarga (KK).

 


Menurut Ali Saleh Kepala Desa hasil Pemilihan Langsung tahun 2013, ada beberapa potensi Desa Maninili Barat. Di antaranya Vatu Hujan sebagai obyek wisata alam. Karena ada keunikannya antara lain ada bunyi hujan.

 

Air terjun yang indah dan kubangan air terjunnya dijadikan tempat pemandian. Saat ini air di tempat pemandian itu dimanfaatkan untuk menyuplai kebutuhan air bersih bagi masyarakat di desa, yaitu Maninili Barat dan Maninili Induk.

 

Juga digunakan sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hodro (PLTMH) Silutunan Jaya Kapasitas 40.000 Watt. PLTMH dibangun lewat dana APBN Tahun 2006.

 

“Saat ini sedang diusulkan untuk pembuatan kemasan air jadi atau air kemasan atau air isi ulang,” demikian ungkap kades.

 

“Potensi lain adalah adanya danau Alagut luas 3.000 M2. Danau tersebut diirencanakan sebagai wisata pemancingan sekaligus RTH,” kata Sekdes Maninili Syafrudin mendapangi Kades saat tim infodes.id mewancarainya. (Mad)

  • Bagikan

Respon (2)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *