Presiden Kenalkan Sistem Pemasaran On Line Petani

Presiden Joko Widodo
Presiden Joko Widodo
Presiden Joko Widodo

INFODESA.ID-BREBES–Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan kerja ke Desa Larangan, Kecamatan Larangan, Brebes, Jateng kemarin hari Senin (11/4/2016).  Jokowi meluncurkan Program Kredit Usaha Rakyat (KUR) dengan Program Inklusi atau pendalaman pasar keuangan, dan pemasaran on line hasil produksi pertanian.

Sinergi ini bertujuan memudahkan pelaku usaha dalam mengakses layanan keuangan di pedesaan. Program ini merupakan sinergi Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Bank Indonesia (BI), dan Kementerian Koperasi dan UKM serta perbankan.

Program ini memberikan kemudahan kepada pelaku usaha di daerah. Karena tidak perlu lagi mencairkan kredit dengan mendatangi bank di kota, Tetapi cukup mencairkan melalui penyalur yang disebut sebagai agen laku pandai sebagai perpanjangan tangan perbankan di daerah-daerah.

Sinergi dalam bidang produksi meliputi sarana dan prasarana, bibit, pupuk, serta penyuluh yang akan melibatkan sinergi dua kementerian yaitu Kementan dan Kementerian PUPR.

Bidang pemasaran, Jokowi mulai mengenalkan sistem pemasaran produk hasil pertanian secara online (e-commerce) melalui pengembangan sarana dan prasarana IT sebagai upaya untuk memangkas rantai distribusi produksi petani kepada konsumen.

Tujuannya untuk menjaga ketersediaan komoditas pangan dan stabilitas harga sampai pada tingkat konsumen. Contoh aplikasi e-commerse, adalah aplikasi info pasar, market place sepertilimkilo.id, kumis.com, dan sebagainya.

Sinergi pemasaran ini melibatkan tiga kementerian yaitu Kementerian Kominfo, Kemendag, dan Kementerian Koperasi dan UKM. Pada siklus distribusi petani memerlukan gudang sebagai tempat penampungan produk, pasar, dan kurir. Lebih dari itu semua, transportasi desa menjadi jantung yang akan menggerakan perekonomian masyarakat desa.  (rill-prass)