Wisata Tanjung Api Yang Menakjubkan

Pantai di Tanjung Api kabupaten Tojo Una Una
Pantai di Tanjung Api kabupaten Tojo Una Una
Pantai di Tanjung Api kabupaten Tojo Una Una
Pantai di Tanjung Api kabupaten Tojo Una Una

INFODESA.ID TOJO UNA UNA – Objek wisata alam Tanjung Api terletak di Pantai Tanjung Api terletak di Kecamatan Ampana Kota dan Ampana Tete, Kabupaten Tojo Una Una, Propinsi Sulawesi Tengah. Kawasan wisata ini berjarak sekitar 155 kilometer dari pusat kota Poso. Pantai Tanjung Api masuk ke dalam kawasan Cagar Alam Tanjung Api.

Tanjung Api adalah sebuah tanjung yang terletak di Teluk Tomini – Ampana – Tojo Una-Una. Lokasi ini dapat ditempuh dengan berjalan kali selama 5 jam atau dengan speed boat selama 20 menit.Lokasi Tanjung Api berjarak + 12 km dari Ampana ke arah Timur atau pada koordinat 00 48’ 05” LS dan 1210 39’10” BT.

Batas-batas kawasan adalah sebagai berikut :

Sebelah Barat     : Teluk Tomini
Sebelah Timur     : Teluk Tomini
Sebelah Utara     : Teluk Tomini
Sebelah Selatan   : Desa Labuan, Kelurahan Dondo, Desa  Pusungi, Desa Tete A dan Desa Tete B.

Wisata Tanjung Api
Wisata Tanjung Api

Keunikan dari tanjung ini adalah adanya gas alam yang keluar secara alami di sepanjang tanjung ini. Dengan menggali sekitar 5-10 cm, maka akan keluar gas alam bila keadaan sekitar kering langsung dapat dinyalakan dengan mendekatkan daunan yang kering dan bila dalam keadaan basah dapat menggunakan korek.  Api ini akan menyala terus sampai kita menutupnya kembali dengan pasir, atau air laut pasang tutur Ahmad Lahay sebagai paman dari bupati Tojo Una-Una hasil pilkada serentak saat mendampingi tim INFODESA.

Pantai di Tanjung Api kabupaten Tojo Una Una
Pantai di Tanjung Api kabupaten Tojo Una Una

Keunikan lain dari Tanjung Api, daerah sekitar hidup berbagai ragam flora dan fauna, binatang yang nampak jenis serangga, semut justru disekitar lubang api. Pepohanan tumbuh subur, Terumbu Karang dengan beranekaragam ikan terlihat begitu bersahabat. Bebatuan yang menyala bila tela redup panas tidak terasa, saat pasang lubang sumber api akan mengeluarkan gelembung dan uniknya air yang bergelumbung tidak panas, ungkap Ahmad lahay.

Gas Alam di Pantai di Tanjung Api kabupaten Tojo Una Una
Gas Alam di Pantai Tanjung Api kabupaten Tojo Una Una

Pantaun tim INFODESA, daerah sekitar dibentengi terumbu karang yang indah sehingga pada saat musim gelombang ombak akan pecah sebelum sampai ke daratan. Bagi pengunjung baru akan kesulitan bila tanpa ada pemandu bisa sampai kedaratan.

Gas alam yang keluar secara alam
Gas alam yang keluar secara alam

Hal lain, yaitu adanya alat memasak, seperti tungku milik pengunjung. Bila pengunjung masak air, mie, jagung hanya membutuhkan waktu 5–10 menit air sudah mendidih dan masak. Sumber api ada 2 lokasi yang saling berdekatan dengan pantai.

Terumbuh karang dan pepohanan yang begitu Indah sayangnya tidak terkelola dengan baik. Ahmad Lahay mengharapkan penelitian lebih detail terutama adanya semburan gas. Warga menaruh harapan kepada Bupati terpilih pasangan Mohammad Lahay dan Admin A. S Lasimpala, kawasan Tanjung Api akan terkelola baik sehingga bisa menjadi sumber PAD Kabupaten Tojo Una Una.[ahmad-B5]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.